SMK KARTIKA 2 SURABAYA

SMK KARTIKA 2 SURABAYA
Pendakian G. Argopuro

Mengenai Saya

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Kedisplinan merupakan modal Keberhasilan, Keihlasan merupakan dasar kebahagiaan, Kejujuran merupakan mutu kualitas kemanusiaan.

Laman

Cari Blog Ini

Jumat, 16 Juli 2010

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


SUATU BENTUK KAJIAN YANG BERSIFAT REFLEKTIF OLEH PELAKU TINDAKAN, YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN RASIONAL DARI TINDAKAN-TINDAKAN MEREKA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS, MEMPERDALAM PEMAHAMAN TERHADAP TINDAKAN-TINDAKAN YANG DILAKUKANNYA ITU, SERTA MEMPERBAIKI KONDISI DIMANA PRAKTIK-PRAKTIK PEMEBELAJARAN TERSEBUT DILAKUKAN


KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PRINSIP-PRINSIP PENELITIAN TINDAKAN KELAS

1. PEKERJAAN UTAMA GURU ADALAH MENGAJAR, DAN APAPUN METODE PTK YANG KEBETULAN DITERAPKAN, SEYOGYANYA TIDAK BERDAMPAK MENGGANGGU KOMITMENNYA SEBAGAI PE-NGAJAR.


2. METODE PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN TIDAK MENUNTUT WAKTU YANG BERLEBIHAN DARI GURU SEHINGGA BERPELUANG MENGGANGGU PROSES PEMBELAJARAN.

3. PROSEDUR PENGUMPULAN DATA DITANGANI SENDIRI OLEH GURU SEMENTARA IA TETAP AKTIF BERFUNGSI SEBAGAI GURU YANG BERTUGAS SECARA PENUH

4. MASALAH PENELITIAN YANG DIUSAHAKAN OLEH GURU HARUS MERUPAKAN MASALAH YANG CUKUP MERISAUKAN-NYA, DAN BERTOLAK DARI TANGGUNG JAWAB PROFESI-ONALNYA

5. DALAM MENYELENGGARAKAN PTK, GURU HARUS BERSIKAP KONSISTEN MENARUH KEPEDULIAN YANG TINGGI TERHADAP PROSEDUR ETIKA YANG BERKAITAN DENGAN PEKERJAANYA


TUJUAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PERBAIKAN DAN PENINGKATAN LAYANAN PROFESIONAL GURU DALAM MENANGANI PROSES BELAJAR-MENGAJAR


PENGEMBANGAN KETRAMPILAN GURU YANG BERTOLAK DARI KEBUTUHAN UNTUK ME-NANGGULANGI BERBAGAI MASALAH PEM-BELAJARAN


1. GURU SEMAKIN PERCAYA DIRI SEHINGGA CENDERUNG LEBIH BERANI MENGAMBIL RESIKO DENGAN MENCO-BAKAN HAL-HAL YANG BARU

2. PRAKARSA UNTUK SELALU MENCOBA HAL-HAL BARU ITU TERJADI KARENA SEBAGAI PEKERJA PROFESIONAL GURU TIDAK MUDAH BERPUAS DIRI DENGAN RUTINITAS

INOVASI YANG TUMBUH DARI BA-WAH SEPERTI INILAH YAITU YANG BENAR-BENAR BERANGKAT DARI REALITAS PERMASALAHAN YANG DIHAYATI OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH. BUKAN YANG DIINS-TRUKSIKAN DARI ATAS

A. PENETAPAN FOKUS MASALAH

B. PERENCANAAN TINDAKAN

C. PELAKSANAAN TINDAKAN DAN MONITORING

D. ANALISIS DAN REFLEKSI


IDENTIFIKASI PERMASALAHAN YANG DIRASAKAN/DIHADAPI

ANALISIS PENYEBAB PERMASALAHAN

ANALISIS KEMUNGKINAN PEMECAHAN

MERUMUSKAN MASALAH

MEMFORMULASIKAN ALTERNATIF TINDAKAN

ANALISIS KELAIKAN TINDAKAN


MENYUSUN PERSIAPAN TINDAKAN

MENYUSUN ALTERNATIF TINDAKAN

Komitmen dan minat guru

Kemampuan siswa baik segi fisik, psikologi
dan sosial budaya dan etik

Fasilitas dan sarana pendukung yang
tersedia di kelas

Iklim belajar di kelas


LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN TINDAKAN









Tidak ada komentar:

Posting Komentar