SUATU BENTUK KAJIAN YANG BERSIFAT REFLEKTIF OLEH PELAKU TINDAKAN, YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN RASIONAL DARI TINDAKAN-TINDAKAN MEREKA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS, MEMPERDALAM PEMAHAMAN TERHADAP TINDAKAN-TINDAKAN YANG DILAKUKANNYA ITU, SERTA MEMPERBAIKI KONDISI DIMANA PRAKTIK-PRAKTIK PEMEBELAJARAN TERSEBUT DILAKUKAN
KARAKTERISTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PRINSIP-PRINSIP PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. PEKERJAAN UTAMA GURU ADALAH MENGAJAR, DAN APAPUN METODE PTK YANG KEBETULAN DITERAPKAN, SEYOGYANYA TIDAK BERDAMPAK MENGGANGGU KOMITMENNYA SEBAGAI PE-NGAJAR.
2. METODE PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN TIDAK MENUNTUT WAKTU YANG BERLEBIHAN DARI GURU SEHINGGA BERPELUANG MENGGANGGU PROSES PEMBELAJARAN.
3. PROSEDUR PENGUMPULAN DATA DITANGANI SENDIRI OLEH GURU SEMENTARA IA TETAP AKTIF BERFUNGSI SEBAGAI GURU YANG BERTUGAS SECARA PENUH
4. MASALAH PENELITIAN YANG DIUSAHAKAN OLEH GURU HARUS MERUPAKAN MASALAH YANG CUKUP MERISAUKAN-NYA, DAN BERTOLAK DARI TANGGUNG JAWAB PROFESI-ONALNYA
5. DALAM MENYELENGGARAKAN PTK, GURU HARUS BERSIKAP KONSISTEN MENARUH KEPEDULIAN YANG TINGGI TERHADAP PROSEDUR ETIKA YANG BERKAITAN DENGAN PEKERJAANYA
5. DALAM MENYELENGGARAKAN PTK, GURU HARUS BERSIKAP KONSISTEN MENARUH KEPEDULIAN YANG TINGGI TERHADAP PROSEDUR ETIKA YANG BERKAITAN DENGAN PEKERJAANYA
TUJUAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PERBAIKAN DAN PENINGKATAN LAYANAN PROFESIONAL GURU DALAM MENANGANI PROSES BELAJAR-MENGAJAR
PENGEMBANGAN KETRAMPILAN GURU YANG BERTOLAK DARI KEBUTUHAN UNTUK ME-NANGGULANGI BERBAGAI MASALAH PEM-BELAJARAN
1. GURU SEMAKIN PERCAYA DIRI SEHINGGA CENDERUNG LEBIH BERANI MENGAMBIL RESIKO DENGAN MENCO-BAKAN HAL-HAL YANG BARU
2. PRAKARSA UNTUK SELALU MENCOBA HAL-HAL BARU ITU TERJADI KARENA SEBAGAI PEKERJA PROFESIONAL GURU TIDAK MUDAH BERPUAS DIRI DENGAN RUTINITAS
INOVASI YANG TUMBUH DARI BA-WAH SEPERTI INILAH YAITU YANG BENAR-BENAR BERANGKAT DARI REALITAS PERMASALAHAN YANG DIHAYATI OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH. BUKAN YANG DIINS-TRUKSIKAN DARI ATAS
A. PENETAPAN FOKUS MASALAH
B. PERENCANAAN TINDAKAN
C. PELAKSANAAN TINDAKAN DAN MONITORING
D. ANALISIS DAN REFLEKSI
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN YANG DIRASAKAN/DIHADAPI
ANALISIS PENYEBAB PERMASALAHAN
ANALISIS KEMUNGKINAN PEMECAHAN
MERUMUSKAN MASALAH
MEMFORMULASIKAN ALTERNATIF TINDAKAN
ANALISIS KELAIKAN TINDAKAN
MENYUSUN PERSIAPAN TINDAKAN
MENYUSUN ALTERNATIF TINDAKAN
Komitmen dan minat guru
Kemampuan siswa baik segi fisik, psikologi
dan sosial budaya dan etik
Fasilitas dan sarana pendukung yang
tersedia di kelas
Iklim belajar di kelas
LANGKAH-LANGKAH PERSIAPAN TINDAKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar